Toko Roti Tertua di Indonesia

Toko Roti Tertua di Indonesia Dengan Rasa Legendaris

Toko Roti Tertua di Indonesia – Saat ini banyak sekali jajanan kekinian, termasuk kue artis, roti isi kekinian, dan lain-lain. Namun, bagi seseorang yang mencintai cita rasa klasik, tentunya lebih memilih roti jadul yang dibuat dari zaman dulu. Berbicara tentang roti zaman dulu, ternyata ada beberapa toko roti tertua di Indonesia.Toko Roti Tertua di Indonesia

Ya, toko roti ini dikatakan paling tua di Indonesia karena sudah berdiri sebelum Indonesia merdeka. Bayangkan, saat negara Indonesia sedang dijajah negara lain, toko roti tersebut sudah didirikan dan menjual berbagai roti untuk masyarakat.

Jika roti tersebut masih ada sampai sekarang, tentu saja dapat disebut toko roti paling legendaris di Indonesia. Mayoritas pembuatan roti di sana masih dikerjakan secara manual. Sehingga rasanya tidak akan berubah.

Menikmati roti di zaman dulu seakan seperti mengingat memori lama. Rasa roti seperti ini pasti disukai para orangtua, kakek, nenek, hingga mbah buyut. Pasalnya, mereka bisa merasa kembali muda setelah menyantap roti di toko roti paling tua di Indonesia.

Beriku Toko Roti Tertua di Indonesia

  • Toko Bogor Permai – 1963

Jika sedang pergi ke Jawa Barat, sempatkan mampir ke Bogor untuk mencicip roti legendaris di Toko Bogor Permai. Toko ini sudah terkenal sejak lama dengan aneka roti dan kue tradisional.

Ternyata toko roti Bogor Permai didirikan sejak tahun 1963. Sampai sekarang toko ini masih menjual jenis roti jadul yang membuat banyak pecinta roti kangen.

Jenis roti yang dijual di antaranya roti tapal kuda, roti selai nanas, roti keset, dan roti gambang. Tahukah Anda, di sana roti gambang jadi salah satu roti favorit, terlebih warna cokelat karena rasanya legit. Roti gambang terbuat dari campuran gula merah, terigu, dan juga mentega.

Lokasi Toko Roti Bogor Permai terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 23, Bogor.

  • Toko Roti Sidodadi – 1954

Ada lagi toko roti tertua di Indonesia, yakni Toko Roti Sidodadi karena udah berdiri sejak tahun 1954. Toko roti ini menjual kue jadul yang enak dan sekarang menjadi langka yaitu kue bangket.

Mengapa kue jadulnya enak? Sebab, sampai sekarang mereka masih memanggang roti menggunakan arang. Di samping itu, toko roti Sidodadi juga menjual beberapa roti klasik, seperti roti gambang, roti kismis, dan roti tawar. Untuk jajanan pasar, toko ini menjual carabikang, risoles, onde-onde, dan bubur manis dengan siraman gula merah.

Lokasi Toko Roti Sidodadi berada di Jalan Otista No. 225, Bandung.

  • Toko Roti Orion – 1932

Apabila Anda sedang berkunjung ke kota Solo, jangan sampai melewatkan untuk mampir ke toko roti Orion. Sebab, toko roti ini menjadi salah satu toko roti paling tua di Indonesia karena sudah berdiri sejak tahun 1932.

Kue yang jadi andalan di toko roti Orion adalah kue lapis. Selain itu, hampir semua roti di sana masih original seperti zaman dulu, contohnya roti Mandarin dengan balutan selai nanas, kismis, dan rum butter.

Lokasi Toko Roti Orion terletak di dekat Pasar Gede, Solo.

  • Toko Oen – 1922

Tahukah Anda, Toko Oen pertama kali didirikan pada tahun 1922 di Yogyakarta. Kemudian, membuka cabang di Semarang pada 1936.

Saat ini, Toko Oen jadi toko roti paling legendaris di Semarang. Toko Oen masih menempati gedung yang kental dengan suasana klasik. Mereka sampai sekarang menjual aneka roti dan kue kering jadul khas Belanda

Pilihan roti jadul yang dijual di Toko Oen Semarang adalah poffertjes, ontbijtkoek, hingga kue ganjel rel. Selain kue jadul era lama, terdapat pula hidangan klasik dengan sentuhan Belanda di antaranya bistik sapi dan aneka es krim.

Lokasi Toko Roti Oen Semarang, berada di Jalan Pemuda No. 52, Bangunharjo, Semarang.

  • Toko Roti Go – 1898

Tak ada yang menandingi toko roti Go karena sudah berdiri sejak tahun 1898. Tak heran, banyak orang menyebutnya sebagai toko roti tertua di Indonesia. Toko roti asal Purwokerto ini dibangun oleh pasangan suami-istri Go Kwe Ka dan Oei Oak Ke Nio.

Selain jualan roti jadul, tempat ini dapat dijadikan destinasi belanja oleh-oleh pengunjung yang sedang mampi ke Purwokerto, Jawa Tengah.

Desain tokonya masih terlihat sama, yakni berhias dekorasi kuno dengan banyak varian roti dan cake. Di toko ini terdapat sekitar 80 varian roti dan 10 jenis cake. Semua roti tersebut dibuat tanpa pengawet. Varian roti yang paling digemari pengunjung, biasanya roti kopi brood dan pastry horn berisi vla.

Lokasi Toko Go terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kauman Lama, Purwokerto.

Demikian beberapa toko roti tertua di Indonesia. Sebagian dari Anda mungkin belum lahir saat toko roti tersebut mulai berjualan. Jadi, sekali-sekali coba cicipi kuliner jadul dari zaman penjajahan Belanda di toko-toko roti tertua di Indonesia.