Seberapa Besarkah Biaya hidup Di Pulau Bali ?

Life Style – Sudah sejak tahun 2008 saya tinggal di Bali, bahkan saya pun menikah di pulau Bali, dan pada akhirnya saya memindahkan domisili saya ke kota Denpasar.

Bali, dengan segala kharisama nya adalah sebuah pulau yang termasuk nyaman untuk ditinggali, baik untuk bekerja ataupun menghabiskan masa pensiun.

Mengapa saya bilang nyaman? Karena menurut saya, baik dari segi biaya hidup dan kesempatan karir, Bali sangat tepat untuk itu.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk pindah ke Bali, ada baiknya kamu untuk mengetahui beberapah hal tentang Bali berikut ini:

Di Bali TIDAK ada angkot yang siap mengantar kamu ke berbagai tujuan seperti halnya di kota besar lainnya. Benar ada bus Trans Bali tapi jalurnya tidak banyak dan hanya melayani jalan utama dan besar saja. Jadi memiliki SEPEDA MOTOR pribadi adalah hak yang wajib.


Tidak mengecilkan skill kamu yang lain, untuk memiliki kesempatan karir yang menjanjikan, di Bali syarat utamanya adalah kamu mesti menguasai Bahasa Inggris, baik lisan dan tulisan. Tidak perlu sampai fasih, yang penting cukup bisa berkomunikasi sambil terus belajar.


Bagaimana dengan ijasah? Setelah beberapa tahun hidup di Bali, saya melihat bahwa kesempatan untuk bekerja walaupun dengan ijasah SLTA atau sederajat masih cukup besar. Asal kamu punya skill lain selain bahasa inggris tadi. Saya punya perusahaan kecil yang rata-rata karyawan yang saya rekrut adalah lulusan SLTA, dan sampai saat ini mereka tidak mengecewakan saya.


Biaya hidup akan saya bahas di sini. Untuk akomodasi, bagi yang baru pindah, kamu bisa memilih di kost dengan harga mulai 400 ribu perbulan sampai dengan 3 jutaan per bulan. Tapi, untuk di kisaran harga 400 ribu- 600 ribuan biasanya tidak ada fasilitas apa-apa, jadi kamu harus punya atau membeli keperluan dasar seperti; Kasur, bantal, lemari, dll.


Bagaimana dengan biaya makan minum? Kebanyakan orang akan bilang bahwa biaya hidup di Bali adalah mahal. Itu tidak benar menurut saya, karena di Bali banyak pilihan model makanan mulai dari harga 4000 rupiah untuk “nasi jinggo / nasi kucing) yang sudah cukup membuat kamu merasa kenyang. Warung-warung nasi campur pun bisa temukan dimana-mana dengan mudah dan dengan harga berkisar 10 ribuan. Cukup murah bukan?


Untuk kamu yang beragama muslim, makanan halal dapat dengan sangat mudah kamu temukan di mana-mana, jadi jangan takut untuk ini.
Kota atau daerah yang cocok untuk bekerja khususnya pekerjaan di bidang pariwisata adalah Denpasar, Ubud, Canggu, Seminyak, Kuta, Jimbaran, Uluwatu, Sanur dan Nusa Dua.


Jadi kalau kamu tanya, berapa biaya hidup di Bali?

Secara umum saya akan bilang Biaya Hidup di Bali Terjangkau. Asal kita pintar memilih gaya hidup saja.

Tapi seperti kota-kota besar lainnya, jika kita tidak dapat menjaga diri, maka kita akan mudah terjerumus ke hal-hal negatif. Karena kehidupan malam di Bali memang cukup “menggoda”. But it will be your choice.