Penderita Psoriasis

Penderita Psoriasis Berisiko Tinggi Terkena Diabetes

Penderita Psoriasis – Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita penyakit kulit berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2. Semakin tinggi tingkat keparahan penyakit psoriasis pada kulit, semakin tinggi pula risiko diabetesnya. Bagaimana penjelasannya? Simak ulasannya berikut ini.

Penelitian mengenai penderita psoriasis dan diabetes tipe 2

Dilansir dari WebMD, sebuah penelitian di Denmark oleh Ole Ahlehoff, MD, PhD, seorang doktor di Universitas Kopenhagen Gentofte, menyimpulkan bahwa penderita psoriasis tingkat parah, akan memiliki risiko dua kali lipat lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2.

Penelitian dilakukan dengan memeriksa data kesehatan nasional Denmark. Lebih dari 52 ribu orang memiliki psoriasis, 6.784 di antaranya sudah dalam kondisi yang parah. Ditemukan bahwa penderita psoriasis, 5% lebih mungkin terkena diabetes dibandingkan dengan orang tanpa penyakit kulit.

Namun, untuk pasien psoriasis ringan, risikonya meningkat menjadi sebesar 49% terkena diabetes, dan bahkan menjadi dua kali lipat lebih tinggi jika psoriasis sudah dalam kondisi parah. Temuan ini terbukti benar setelah para peneliti memperhitungkan faktor risiko diabetes lainnya.

Kemudian, studi dari University of Pennsylvania yang diterbitkan pada bulan September 2012 di JAMA Dermatology membandingkan lebih dari 100.000 pasien psoriasis, dengan 430.000 orang yang tidak memiliki psoriasis.

Para periset menemukan bahwa pasien psoriasis parah 46% lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 daripada orang-orang yang tidak memiliki psoriasis, sedangkan pasien psoriasis ringan memiliki risiko sebesar 11% terkena diabetes tipe 2.

Periset kemudian melanjutkan penelitiannya pada tahun 2013 yang diterbitkan pada JAMA Dermatology, yang menunjukkan bahwa komplikasi psoriasis dapat mencakup risiko lain seperti sindrom metabolik, penyakit jantung, stroke, dan kematian terkait dengan masalah kardiovaskuler. Ketika psoriasis sudah menyebabkan diabetes, maka mungkin terjadi gangguan ginjal akibat neuropati, dan retinopati diabetik.

Apa hubungannya antara psoriasis dengan diabates tipe 2?

Psoriasis adalah penyakit kulit serius yang terjadi akibat adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh yang menganggu kulit dan persendian. Sekitar 80-90% pasien psoriasi memiliki psoriasi plak, yaitu peradangan yang membuat munculnya bercak merah tebal di kulit, dan ditutupi sisik. Bercak ini bisa muncul pada siku, telapak tangan, wajah, kulit kepala, punggung bawah, lutut, telapak kaki, kuku, mulut, bahkan alat kelamin.

Dilansir dari Science Daily, penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa psoriasis, diabetes tipe 2, dan Obesitas saling berkaitan erat. Penyakit psoriasis dan diabetes tipe 2, sama-sama dapat menyebabkan peradangan pada kulit.

“Peradangan yang terjadi akibat psoriasis dapat meningkatkan resistensi insulin. Kedua penyakit ini memiliki mutasi genetik yang serupa, sehingga menunjukkan adanya hubungan dasar biologis,” kata Joel M. Gelfand, MD MSCE, penulis senior studi sekaligus profesor Dermatologi dan Epidemiologi di University of Pennsylvania.