Mendidik Anak Usia 5 Tahun

Gunakan 6 Cara Ini Untuk Mendidik Anak Usia 5 Tahun

Mendidik Anak Usia 5 Tahun emasuki usia lima tahun adalah masa akhir balita. Pada usia ini, mereka masih akan menunjukkan karakteristik anak pada usia dini, yaitu bersikap aktif. Pada tahap ini juga sesekali anak terlihat sulit diatur. Sebagai orang tua, peran Anda adalah menjaga dan menstimulasi pertumbuhan serta perkembangan anak sejak bayi.

Orang tua perlu memberikan pendidikan yang tepat pada anak di bawah usia sekolah untuk membantu membangun karakter mereka. Perlu diingat bahwa masing-masing anak memiliiki kemampuan daya tangkap yang berbeda sehingga pendidikan yang diberikan pun tidak sama. Lalu, bagaimana cara mendidik anak usia 5 tahun yang baik dan benar? Berikut ini ulasannya.

  • Ajarkan keadilan

Saat anak berusia lima tahun, ajarkan dia mengenai keadilan. Rasa adil bisa ditumbuh

kan sejak usia dini dengan cara mengajarkan anak untuk belajar mengakui kesalahannya. Saat usia lima tahun, anak mulai merasa malu. Oleh karena itu tanamkanlah pada si kecil untuk tidak malu mengakui kesalahan mereka

  • Ajarkan kejujuran

Mengajarkan kejujuran adalah cara lain untuk mendidik anak usia 5 tahun. Berhati-hatilah karena anak yang merasa takut untuk berkata jujur akan cenderung berbohong. Biasanya, hal ini terjadi lantaran mereka takut dimarahi setiap melakukan kesalahan. Saat anak merasa dirinya akan dimarahi maka dia akan cenderung berbohong. Oleh karena itu, Anda perlu berkomunikasi dengan anak.

Hindarilah memarahi si kecil saat dia melakukan kesalahan. Sebaliknya, nasihatilah anak Anda dan tanamkan bahwa kebohongan akan merugikan dirinya dan orang lain.

  • Ajarkan untuk selalu menyayangi dan mencintai keluarga

Anak perlu diajarkan cara menyayangi dan mencintai keluarga agar mampu merasakan pentingnya cinta dan kasih sayang pada keluarga mereka. Apabila hal ini tertanam pada anak, maka mereka akan secara otomatis melakukan hal yang sama saat berada di lingkungan luar rumah. Anda bisa melakukannya dengan cara memperlihatkan kasih sayang terhadap anak.

  • Ajarkan cara menulis dan menggambar

Cara mendidik anak usia 5 tahun lainnya adalah dengan mengajarkannya menulis dan menggambar. Menulis berperan penting dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik halus pada si kecil. Tujuannya adalah melatih anak untuk berpikir serta menuangkan apa yang ada di dalam pikiran mereka. Tak hanya menulis, menggambar juga kemampuan yang perlu diajarkan pada anak Anda.

Berlatih menulis dan menggambar sangat bermanfaat bagi anak Anda. Tidak hanya untuk masa depan, tapi juga membantu merangsang anak. Saat latihan menulis, mintalah anak Anda untuk menuliskan huruf dasar atau menggambar sesuai dengan imajinasi mereka. Lakukanlah cara yang menarik agar mereka tidak merasa bosan.

  • Ajarkan cara membaca

Selain menulis dan menggambar, membaca adalah cara yang tidak kalah pentingnya untuk mendidik anak usia 5 tahun. Saat anak Anda berusia lima tahun, mulailah untuk menstimulasi mereka untuk belajar membaca. Mulailah dari hal yang paling sederhana, yaitu mengenal dan menghafal huruf. Lakukan cara ini berulang kali sampai anak menghafal huruf alfabet.

Selanjutnya, ajarkan anak untuk mengombinasikan huruf alfabet vokal maupun konsonan. Anda bisa menggabungkan dua-dua huruf agar mudah dibaca. Jika kemampuan si kecil semakin berkembang, Anda bisa meningkatkan latihan membaca ke jenjang yang lebih tinggi. Ajarkan membaca pada anak dengan sabar sampai mereka benar-benar membaca huruf tanpa melakukan kesalahan.

  • Ajarkan pendidikan agama

Ajarkan pendidikan agama pada anak usia lima tahun. Mulailah dengan cara yang sederhana yaitu dengan mengajarkannya berdoa. Selain itu, Anda juga bisa mengenalkan anak pada ibadah keagamaan.

Itu dia cara mendidik anak usia 5 tahun yang baik dan benar. Semoga bermanfaat!