Makanan Khas Kota Minangkabau

Makanan Khas Kota Minangkabau Dengan Ciri Khas Pedas

Indonesia adalah negara yang kaya akan kuliner dengan cita rasa istimewa. Salah satu wilayah yang menawarkan makanan khas Kota Minangkabau yang lezat adalah Minangkabau. Ada banyak Makanan khas minangkabau yang perlu anda tahu, jika anda pergi wisata ke sana atau sempat lewat di minangkabau, anda perlu mencoba wisata kuliner makanan khas minangkabau.

Nasi kapau jika dilihat sekilas akan sangat mirip seperti dengan nasi padang atau dengan nasi rendang. Namun tetap saja akan ada perbedaan yang bisa anda temukan. Nasi ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Minangkabau dan sekitarnya karena rasanya tidak kalah dengan rasa dari nasi rendang.

Berikut Makanan Khas Kota Minangkabau

Makanan ini akan sangat mudah untuk anda jumpai ketika berada di agam, sumatera barat. Nasi kapau terdiri dari nasi dengan sambal dan juga lauk-pauk khas dari minangkabau. Makanan ini juga biasanya akan disajikan dengan gulai urat kaku sapi atau kerbau dan berbagai macam gulai lainnya. Lauk yang juga sering ditambahkan pada nasi ini adalah sayur nangka.

  • Kalio baluik Minangkabau

Makanan selanjutnya yang masuk sebagai salah satu makanan khas Minangkabau adalah Kalio baluik. Jika dilihat dari bahan dan cara memasaknya makanan ini sangat mirip dengan rendang. Perbedaan makanan kalio baluik ini dengan rendang adalah pada warnanya yang lebih coklat muda karena proses masaknya tidak lama seperti proses memasak rendang. Makanan ini memiliki teksture yang sedikit lengket yang juga basah seperti terdapat caramel. Dari segi rasa, makanan ini sangat menggoda dan juga kaya akan rempah yang lezat. Jika dibandingkan dengan rendang, kalio baluik lebih bervariasi karena banyak juga yang dibuat dengan bahan dasar daging ayam, hati sapi dan yang lainnya.

  • Lamang tapai Minangkabau

Lamang tapai merupakan salah satu jajanan makanan khas kota Minangkabau dengan rasa yang legit. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat lemang tapai ini adalah ketan. Ketan yang sudah dibersihkan akan dimasak dengan santan kelapa dan kemudian di masukkan kedalam bamboo. Kemudian bamboo dibakar hingga ketan matang. Jajanan ini memiliki rasa yang unik. Anda akan semakin dapat merasakan kenikmatannya dengan menikmati makanan ini bersama tape ketan hitam. Makanan ini biasanya akan menjadi salah satu jajanan khas bulan ramadan. Rasanya sedikit manis dna juga asam karena dinikmati bersama tape istimewa.

  • Lompong sagu Minangkabau

Lempong sagu juga sangat wajib untuk dicoba apabila anda sedang berada di wilayah Minangkabau. Makanan ini terbuat dari bahan dasar sagu yang diberi tambahan bahan lain seperti pisang kapok, parutan kelapa dna juga gula merah. Sagu akan dibungkus bersama dengan bahan lainnya kemudian dipanggang hingga matang. Makanan ini terasa begitu kenyal, manis dan gurih sehingga sangat mampu untuk menggoyang lidah para penikmatnya. Aroma daun pisang akan sangat keluar karena cara memasakkan dengan dipanggang. Lempong sagu akan semakin nikmat jika dinikmati ketika masih hangat.

  • Gulai itiak Minangkabau

Gulai itiak atau dalam Bahasa lainnya gulai bebek juga menjadi salah satu makanan khas Minangkabau. Anda bisa menikmati gulai khas ini apabila sedang berada di Kota Minangkabau. Bebek yang digunakan sebagai bahan dasar merupakan bebek yang usianya masih sekitar 6 bulan. Tekstur dari daging bebek masih sangat empuh sehingga jika dimasak akan terasa lembut dilidah. Kuliner ini memang menjadikan kesan berbeda dari bebek. Biasanya bebek yang dimasak di restoran adalah bebek tua sehingga rasanya alot namun bebek ini sangat empuk sehingga berbeda dengan lainnya.

  • Sate padang Minangkabau

Sate padang adalah makanan yang tidak kalah dengan makanan khas kota Minangkabau lainnya. Makanan ini sangat wajib untuk dicoba jika sedang berada di Sumatra barat. Sate ini berbeda dengan sate pada umumnya karena bumbunya bukan dengan kecap dan bumbu kacang melainkan dengan kuah kaldu yang kental dan juga kaya akan rempah. Tekstur dari sate ini sangat pas dan juga semakin lengkap dengan bumbu pelengkapnya yang disiramkan.

Itulah dia makanan khas Minangkabau yang sebaiknya jangan sampai anda lewatkan ketika sedang berkunjung ke Sumatra barat. Makanan tersebut memiliki rasa yang begitu menggoda dan juga memiliki rasa yang kaya akan rempah. Banyak dari wisatawan yang senang berburu kuliner tersebut apabila berkunjung ke Minangkabau. Anda bisa menikmati dna membuktikan sendiri betapa makanan dari Minangkabau tidak kalah dengan makanan khas daerah lain yang ada di Indonesia