Ikan Termahal di Dunia

Ikan Termahal di Dunia Dengan Harga Miliaran Juta

Ikan Termahal di Dunia – Ikan arapaima yang dilepas ke Sungai Brantas emang bikin heboh belakangan ini. Pasalnya, ikan dari Sungai Amazon di Amerika sana dikenal sebagai predator yang rakus banget. Saking rakusnya, hampir semua ikan di sungai disantapnya.

Kebayang kan gimana nantinya ikan-ikan yang udah dari dulu ada di Indonesia punah gara-gara ada arapaima ini? Karena itu, buat memelihara ikan raksasa ini, ada aturan hukumnya. Melepas gitu aja ke sungai bisa kena hukuman penjara!

Di balik ramainya berita soal ikan ini, ternyata ikan arapaima juga punya harga jual yang mahal lho. Harga jualnya cukup variatif, dari Rp 4-6 juta. Malah ada yang membeli hingga Rp 26 juta buat dua ekor.

Berikut Ikan Termahal di Dunia

Namun, ternyata nih arapaima bukanlah ikan yang termahal. Masih ada ikan-ikan lain yang lebih mahal lagi. Penasaran ikan apa? Dikutip dari therichest, nih lima ikan termahal di dunia.

Ikan yang satu ini udah familier banget buat kita. Ternyata selain ada di Indonesia, ikan arwana juga hidup di negara-negara lain yang merupakan negara tropis, seperti Amerika Selatan, Asia, dan Afrika.

Dan tahu gak, ikan Arwana Platinum yang termahal di dunia adalah ikan arwana platinum. Ikan yang ukurannya bisa mencapai 35 inci ini katanya mampu hidup sampai lebih dari 50 tahun.

Warnanya yang unik dan sangat langka menjadi daya tarik ikan arwana platinum ini. Kemungkinan besar inilah yang bikin harga ikan yang mirip-mirip ikan arapaima ini dijual mahal banget. Dipikir-pikir, mendingan beli rumah atau Lamborghini ya daripada beli ikan ini.

  • Pari Polkadot Air Tawar: Rp 1,42 miliar

Kalau kamu biasanya lihat warna ikan pari hitam polos, ikan pari yang ini punya corak polkadot di sekujur tubuhnya. Gak heran kenapa ikan pari polkadot air tawar ini disukai banyak orang. Warna hitam pekat ditambah polkadot putih bikin siapa pun gemas melihatnya.

Ikan cantik yang ditemukan di Brazil bisa memiliki panjang sampai 75 cm. Ikan yang jadi incaran para kolektor ini pernah ditampilkan di Taiwan dan dijual dengan harga US$ 100 ribu atau Rp 1,42 miliar. Ini sih bisa beli ikan arapaima sekarung.

Ikan ini termasuk salah satu ikan yang jadi favorit para kolektor. Ikan kecil dengan panjang 7 cm ini terbilang sulit ditemukan. Itulah kenapa ikan ini dijual 100 kali lebih mahal dari ikan arapaima.

Peppermint Angelfish punya ciri garis-garis putih di atas tubuhnya yang berwarna merah. Makanya banyak yang menyebut ikan ini sebagai ikan yang eksotis dan ikonik. Keindahan Peppermint Angelfish lah yang bikin para kolektor pengin akuariumnya dihiasi dengan ikan ini.

  • Bladefin Basslet: Rp 142 juta

Satu lagi ikan kecil dengan harga jual yang fantastis adalah Bladefin Basslet. Ikan asli Kepulauan Karibia ini termasuk ikan langka dan sangat sulit ditangkap. Dan lagi ukuran ikan yang punya dua strip warna merah ini cuma bisa mencapai 1,5 inci.

Tingginya permintaan di pasaran akan ikan ini ditambah kelangkaannya menjadi penyebab kenapa harga jual ikan ini tembus Rp 100 juta lebih per ekor.

  • Golden Basslet: Rp 114 juta

Ikan kelima termahal adalah Golden Basslet. Sama seperti Bladefin Basslet, ikan ini juga sulit ditangkap. Ikan berukuran kecil ini punya warna kuning keemasan yang indah, dan juga pemalu.

Golden Basslet ditemukan di perairan Pasifik dan Atlantik. Karena susah ditangkap, peralatan yang digunakan buat menangkapnya pun menghabiskan ongkos banyak. Wajar aja kalau harga jualnya lebih dari Rp 100 juta.

Dengan harga mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 5 miliar, ada gak yang bikin kamu pengin buat mengoleksinya? Dipikir-pikir, masih mendingan beli ikan arapaima ya.

Sebenarnya sih kembali lagi ke minat masing-masing. Buat yang hobi pelihara ikan, harga segitu sih kayaknya gak jadi persoalan. Gimana nih yang cuma sekadar pengin? Bisa jadi malah menyesal karena biaya perawatannya mahal.

Nah, lebih baik uangnya diinvestasikan nih. Ini lebih menguntungkan dan guna banget buat kebutuhanmu di masa depan daripada cuma menuruti keinginan semata. Benar, gak?