Makanan Jadul Indonesia

5 Makanan Jadul Indonesia Yang Harus Anda Coba

PATEPEDIA – Setiap negara pasti mempunyai beragam kuliner khasnya, namun seiring perkembangan zaman dan inovasi makanan.Beberapa makanan pun mulai jarang dibuat, dan mulai jarang untuk kita temui bahkan ada yang sudah menghilang. Penyebabnya pun bermacam-macam, ada yang karena bahannya susah didapat, susah untuk dibuat dan masih banyak alasan lainnya.

Tapi kalo kita melihat makanan yang sering kita makan dulu waktu kecil rasanya kaya nostalgia, kan? Berikut 5 makanan jadul indonesia yang mulai jarang kita temui.

  • Kue Rangi


Kue khas betawi ini bentuknya mirip kue pancong, tapi ukurannya lebih kecil sedikit dan rasanya pun sangat berbeda. Kue ini biasanya bisa kita temui di pasar-pasar tradisional atau abang-abang lewat depan rumah.

Tapi seiring perjalanan waktu kita sudah sangat jarang untuk bisa menemukan penjual Kue Rangi. Padahal waktu kecil kita sangat sering makan kue ini kan ?

  • Kue Cucur


Nah, kue favorit anak kecil ini udah terasa banget mulai jarang kita temui. Jajanan yang terbuat dari tepung beras ini memiliki rasa manis dari gula merah yang sangat disukai anak-anak. Pasti kamu salah satu dari anak-anak itu, kan?

  • Gulali


“Bang…Bang.. bentuk naga dong.” Waduh zaman sekarang udah sulit banget buat menemukan abang-abang penjual gulali. Makanan berbahan dasar gula ini bisa dibentuk menjadi berbagai bentuk. Rasanya yang manis, warnanya yang mencolok dan bisa dibentuk menjadi berbagai bentuk menjadikannya jajanan favorit anak-anak bahkan orang dewasa pun suka.

  • Cenil


Kamu baru tahu makanan ini? Ya, itu karena makanan ini udah mulai hilang dari peradaban. Bentuknya yang kenyal karena terbuat dari tepung kanji, warnanya yang cerah, dan ditaburi gula pasir dan kelapa parut ini bakalan membuat kalian bilang “Pengen nyoba…”

  • Grondol / Borondong Jagung


Waduh kalo yang ini, nih The real MVP! Makanan khas daerah Jawa Tengah ini terbuat dari jagung yang direbus dan ditaburi parutan kelapa yang akan membuat makanan ini sangat gurih dan nikmat.

Itulah beberapa makanan yang mungkin dulu sering kalian makan dan sekarang mulai menghilang dari peradaban. Memang disayangkan jika makanan khas dari negara tercinta yang sudah turun-temurun diwariskan dari nenek moyang kita ini mulai tersisih bahkan mungkin akan diklaim oleh negara lain. Ini merupakan tugas kita sebagai rakyat Indonesia untuk mulai melestarikan makanan khas Indonesia. Jadi kalau, kalian melihat makanan tersebut, bisa kali mampir dulu.